Cara Termudah Menanam Pohon Sakura di Indonesia

EHotely – Bunga sakura atau bunga sakura adalah tanaman yang berasal dari Asia Timur. Namun, sebagian besar tanaman ini juga berasal dari Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan dan negara-negara lain yang beriklim dingin. Sementara itu, di Indonesia yang beriklim cukup panas, kemungkinan tumbuh dan berkembangnya bunga sakura akan sangat minim. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk membudidayakan dan menanam bunga ini di Indonesia. Jadi ada cara menanam pohon sakura di Indonesia.

Di Jepang, ketika musim semi telah tiba, bunga sakura akan bermekaran dan menjaga tradisi hanami atau ohanami sebagai tradisi untuk menikmati keindahan bunga sakura. Hal ini umumnya dilakukan oleh orang Jepang untuk menarik penduduk dan wisatawan dari seluruh dunia. Biasanya, tradisi ini berlangsung di taman sakura di Hokkaido dan Okinawa yang diselingi dengan piknik di bawah pohon. Selain menikmati keindahan bunga sakura, pengunjung juga dapat menikmati pesona budaya Jepang lainnya. Budaya dimulai dengan arsitektur kastil Jepang, kolam ikan koi dan Anda juga dapat menikmati segelas matcha Jepang.

Ternyata jadwal berbunga bunga Sajura di Jepang tidak sama di semua wilayah. Pembungaan dapat dimulai di Okinawa pada bulan Januari dan biasanya mencapai Kyoto dan Tokyo pada akhir Maret atau awal April. Kemudian akan berlanjut ke dataran tinggi dan utara, hingga mencapai Hokkaido beberapa minggu kemudian, yang akan bertepatan dengan liburan Golden Week. Di Indonesia, meski beriklim hangat, beberapa pohon sakura juga bisa ditemukan di kawasan Ancol, Kebun Raya Cibodas, kota Batu dan bisa tumbuh liar di Pulau Sumba.

Ada beberapa jenis pohon sakura yang biasa ditanam yaitu Someiyoshino, yamazakura, yaezaki no aku, edohigan, hikanzakura, shidaarezakura, fuyuzakura, dan sato nishiki. Tidak semua jenis pohon sakura ditanam hanya untuk menikmati bunganya. Namun, beberapa di antaranya dapat ditanam di perkebunan untuk menuai buahnya. Jika Anda ingin menanam bunga ini di halaman belakang rumah atau kebun Anda, berikut cara menanam bunga sakura di Indonesia yang bisa Anda jadikan panduan. Caranya juga mudah dan tidak terlalu sulit. Simak cara yang dilakukan oleh pengrajin Papan Bunga Makassar.

Tanam dengan biji ceri muda

Tidak hanya sebagai tanaman hias, bunga sakura juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan aromatik dengan merendam daun dan bunganya dalam air garam. Oleh karena itu, berikut panduan lebih lengkap cara menanamnya:

– Siapkan peralatan berkebun, seperti cangkul, sekop, dll. Pastikan juga untuk menyediakan bibit bunga sakura yang bisa Anda beli dari toko online atau pembibitan sebagai bibit sakura muda.
– Pilih lokasi untuk menanam pohon sakura yang menerima banyak sinar matahari dan dekat dengan sumber air untuk memudahkan penyiraman. Perlu Anda ketahui bahwa tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah dengan suhu 18-26 derajat Celcius. Anda juga bisa menanamnya di media tanam pot dengan diameter minimal 40 cm.
– Jika Anda memilih untuk menanam bibit muda pohon sakura yang sedang berbunga, buatlah lubang sedalam 50 cm dengan sekop atau cangkul. Kemudian berikan beberapa kompos dan tempatkan biji bunga sakura dan letakkan sedemikian rupa sehingga tidak merusak akarnya. Kemudian tutup lubang dan buat gundukan tanah setinggi 7,5 cm.
– Kemudian sirami dan amati pertumbuhan pohon sakura yang masih muda. Anda juga harus menjauhi gulma untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dan pertumbuhannya tidak terganggu.

Menanam benih ceri dalam pot

Jika Anda lebih suka menanam pohon sakura di dalam pot, akan lebih mudah untuk memindahkan pohon sakura ke lokasi lain yang Anda inginkan. Jika Anda memulai dari benih, sebaiknya tanam terlebih dahulu di dalam pot agar terhindar dari gulma dan hujan, berikut langkah-langkahnya:

– Siapkan biji cherry dengan kualitas terjamin.
– Kemudian rendam benih dalam segelas air selama satu hari satu malam, untuk merangsang proses perkecambahan.
– Kemudian rendam benih dalam larutan fungisida selama 5-10 menit untuk mencegah tumbuhnya jamur.
– Siapkan substrat semai dengan takaran tanah pot, kompos dan pasir dengan perbandingan 2: 1: 2. Tempatkan substrat dalam pot berdiameter 40 cm.
– Buat lubang kecil dengan jari telunjuk, masukkan biji cherry dan tutup.
– Taruh pot di tempat yang lembab selama 1 bulan dan siram sekali sehari.
– Jika sudah mencapai ketinggian 5 cm, pindahkan biji kersen ke teras rumah atau ke mana pun Anda mau.
– Siram sekali sehari sesuai selera atau jika media semai sudah terlihat kering. Pemupukan sebulan sekali.

Karena Indonesia merupakan negara yang beriklim panas, maka akan cukup sulit untuk menanamnya jika tidak memperhatikan hal-hal berikut ini.

– Jika semua bunga sakura telah gugur, mereka harus digunduli, yaitu membuang daun tua dari pohon untuk mendorong pertumbuhan bunga dan daun baru.
– Memotong dahan pohon setahun sekali, tetapi tidak setinggi batang karena tidak dapat tumbuh kembali.
– Meninggalkan daun-daun berguguran di sekitar pohon ceri, karena dapat mempertahankan kelembapan tanah dan dapat memberikan nutrisi.
– Buang lumut jika tumbuh di batang pohon sakura karena dapat menghambat pertumbuhan pohon.

Nah, demikianlah uraian Cara Menanam Bunga Sakura di Indonesia yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik taman Anda. Bunga sakura hanya akan tumbuh setahun sekali dengan masa mekar yang hanya bertahan sekitar 7-10 hari

Referensi: Florist Makassar